Tasyakuran 4 Bulanan Kehamilan: Apa Saja yang Disiapkan?

Kehamilan pasti jadi momen yg paling dinanti nanti semua pasangan. Begitu pula dengan aku. Selang sebulan setelah menikah, alhamdulilah test pack langsung bergaris dua. Langsung nangis seneng banget.

Dalam islam, memasuki 4 bulan maka roh telah ditiupkan ke janin.

DSC04389.JPG

“Sesungguhnya setiap orang di antaramu dikumpulkan penciptaannya di dalam perut ibunya empat puluh hari berupa nutfah, kemudian menjadi segumpal darah, (empat puluh hari kemudian), kemudian menjadi segumpal daging selama itu pula (40 hari berikutnya). Kemudian diutuslah kepadanya malaikat, lalu meniupkan ruh kepadanya dan diperintahkan atasnya menuliskan empat hal; ketentuan rejekinya, ketentuan ajalnya, ketentuan amalnya, dan ketentuan celaka atau bahagianya …” (HR. Bukhari dan Muslim)

Karena hal ini menjadi sakral bagi aku karena kita telah diberikan kepercayaan sama Allah untuk dititipkan seorang bayi. Maka aku pun mau membuat tasyakuran 4 bulanan kehamilan untuk keluarga dan saudara saudara. Agar kehamilan aku dimudahkan dan makin banyak yg doain dedek bayi.

Rangkaian acara tasyakuran 4 bulanan
Nah buat kamu yg mau membuat acara tasyakuran 4 bulanan. Ini rundown acara dulu aku mungkin bisa jd referensi:

DSC04366.JPG

1.Pembukaan acara oleh suami
Suami mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan dan memberitahukan bahwa aku saat ini sedang hamil dan mohon doanya agar dilancarkan

2. Pembacaan ayat ayat suci al quran 
(Surat Yusuf ayat 1-16, surat Maryam ayat 1-15 atau keseluruhannya, dan surat ar-Rahman ayat 1-78). Apabila ingin membaca surat lainnya tidak apa apa asalkan bersumber dari al quran. Oiya aku juga mencetak buku bacaan ayat suci al quran untuk para tamu.

Aku bikin buku bacaannya di @tite_gift, bukunya aku bikin A6 harganya Rp 10 ribu. Designnya juga bisa pilih macem macem lho. Kalo aku pilih model awan awan, biar anak aku nanti punya cita cita setinggi langit, haseeek.

3. Ceramah oleh ustadz
Ustadz memberikan siraman rohani terkait tata cara merawat dan mendidik anak menurut islam

4. Pembacaan doa untuk sang bayi
Pembacaan doa dipimpin oleh ustadz untuk mendoakan kesehatan ibu dan bayi serta diberikan kemudahan ketika persalinan

5. Penutupan oleh suami
Suami mengucapkan terima kasih dan mempersilahkan tamu untuk makan siang

6. Makan siang 
Makan siangnya prasmanan aku siapin. Menunya dari makanan kecil kayak pempek, kue tampah dan mango sticky rice. Makanan berat ada bakso dan nasi liwet. Dessert ada puding, es buah dan cincau. Hmm seger!

2 comments

  1. hai mba, aku searching soal tasayakuran 4 bulanan ketemu blognya mba, hhe

    aku rencana mau ngadain tasyakuran bulan juli, semoga pandemi sudah berakhir ya.

    mau tanya mba, cetak buku di @tite_gift itu daftar isinya seperti apa ya ? aku sudah tanya ke mereka tp belom di respon hhe

    Terima Kasih

    Like

Leave a comment